Cara Belajar Science yang Benar



Hai...hai.... hari saya akan share Cara Belajar Science yang Benar biar kamu paham bener apa itu science 

Cara Belajar Science yang Benar

Science gak ada guna jika kamu dipelajari dengan cara yang salah, gini contohnya : ngafal rumus tapi gak ngerti konsep (lah sama aja ), ngafal berbagai macem metode untuk ngerjain soal ( lah, bikin ribet ) dan masih banyak lagi. Itu sihh salah satu contoh kesalahan besar dalam mempelajari science.

Tetapi  science  juga bisa sangat dekat dengan kehidupan kamu jika kamu bisa nerapin metode berpikir saintifik dalam mengevaluasi informasi yang kamu terima.

Suatua teori pada science harus didukung dengan bukti (evidence) yang kuat. Antara teori yang satu dengan yang lainnya harus kompatibel, gak boleh ada pertentangan. Begitu juga ketika kamu mengajukan hipotesis baru. Suatu kejadian bisa diprediksi dengan mendedukasikan dari teori yang sudah diketahui. Korelasi antara dua kejadian atau lebih bisa terlihat statistik. dan sebagaiannya

Proses mempelajari science dengan benar akan melatih kamu menggunakan prinsip-prinsip logika dalam mengevaluasi apakah informasi yang kamu perolah itu benar atau salah. Proses pelatihan ini akan mengasah  ketajam kamu dalam berpikir kritis dan menggunakan logika.

Jadi ketika seorang bertanya kepada saya, "Apa pentingnya kamu belajar science?" Jawaban saya : tergantung cara belajarnya. Kalau cuma ngafal rumus sih sebenanya jadi gak penting. Tapi belajar science dengan benar bisa ngelatih kamu berpikir  dengan menggunakan prinsip-prinsip logika. Ini adalah pondasi yang sangat penting ketika kamu ingin mempelajari  disiplin ilmu apapun . Kemampuan kamu mengevaluasi informasi juga akan mempengaruhi keputusan-keputusan kamu mengenai  "makanan apa yang sehat buat saya", "olahraga apa yang harus saya lakukan", "pekerjaan apa yang baik buat saya", "bagaimana saya bisa secara efektif berkontribusi untuk masyarakat" dan sebagainya.

Well.... Intinya saya cuma bilang kalau pondasi science yang kuat akan mempermudah kamu untuk menjadi a better person. Itu sebabnya science  penting dalam pendidikan. itu aja sih..... :)

Referensi
Zenius
Wikipedia






Please No Junk No Spam Baca Dulu Sebelum Berkomentar Mari Budayakan Komentar Yang Baik dan Bijak Setelah Membaca

2 comments:

  1. iya, melatih pola fikir.. itu sangat suka aku dengarnya,, ngga rugi aku masuk IPA karena bisa lebih terkonsep dan terstruktur pola pikir yang aku miliki..

    BalasHapus

Please No Junk No Spam Baca Dulu Sebelum Berkomentar Mari Budayakan Komentar Yang Baik dan Bijak Setelah Membaca

 

TWITTER UPDATES

Meet The Author